Translate widget

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cara menghilangkan bercak hitam pada LCD laptop


 Cara menghilangkan bercak hitam pada LCD

Hai guys...

Sebelum membahas artikel kali ini kita akan bicara terlebih dahulu tentang LCD. LCD adalah Liquid crystal display, LCD ini bagian paling rawan pada monitor sobat karena jika terkena benda tajam akan pecah maupun muncul bercak hitam yang sulit sekali hilang. Mungkin bagi sebagian besar orang berfikir untuk mengganti layar LCD baru, tentu saja hal itu sangat tepat karena jika dibiarkan bercak hitamnya dapat mengganggu aktivitas sobat saat menggunakan komputer/laptop sobat. Bercak hitam pada LCD ini bersifat tidak menular jika sobat biarkan, tetapi apabila sobat menekan atau menyentuhnya dengan keras bercak hitam ini akan menular dan menyebar.

baca juga cara melacak smarthphone paling mudah
Oke, saya akan membagikan beberapa tips untuk sobat yang LCD laptop atau komputernya mengalami masalah berupa timbulnya bercak hitam. bercak hitam pada LCD yang bisa disebut dengan nama dot pixel atau death pixel ini bisa kita antisipasi agar tidak terjadi.

baca juga fungsi mengejutkan dari mode pesawat

Pixel adalah bagian paling kecil dari suatu gambar misal 1080p itu berarti ada sekitar 1080 pixel dalam satu gambar yang sobat miliki.

beberapa cara dibawah akan dijelaskan kepada sobat untuk mencegah timbulnya dot pixel pada LCD monitor sobat.

Cara mencegah dot pixel pada LCD monitor

 

Hindari layar LCD dari benda tajam

Jika sobat menggunakan laptop jangan sekali-kali untuk menggoreskan benda tajam pada monitor laptop sobat, karena jika benda tajam digoreskan dengan kuat ke LCD laptop kalian, maka akan terjadilah dot pixel. Jadi jangan dicoba ya kecuali sobat ingin memiliki laptop baru hehe...

 

Jangan sentuh layar LCD 

Sama seperti diatas apabila LCD digoreskan dengan benda tajam maka akan terjadi dot pixel. jadi kita juga tidak boleh menyentuh layar LCD apalagi sobat menekannya dengan kuat, tidak kebayang dah sebesar apa nantinya dot pixel yang akan terbentuk.

Jangan meletakkan benda pada keyboard laptop

Maksudnya adalah jika ada benda yang tertinggal pada bagia keyboaard laptop sobat seperti bolpoint,penghapus dan lLainnya. Kenapa bisa menyebabkan dot pixel? karena jika sobat menutup laptop sobat benda tadi akan menekan bagian LCD sobat dan akibatnya tentu saja bercak hitam membandel hehehe:v

 

Lipat laptop setelah digunakan

Setelah sobat menggunakan laptop sobat, wajib hukumnya untuk menutup atau melipat kembali laptop sobat jika tidak kemungkinan besar akan terkena dot pixel dan LCD juga bisa berjamur.

 

Menggunakan pelindung layar monitor

Bagi sobat yang sayang sama laptop atau komputernya harus membeli guard screen atau layar pelindung. Kita tidak usah pusing untuk menbeli dimana layar pelindung karena bisa sobat temukan di toko komputer terdekat atau jika sobat malas ingin bepergian sobat dapat membelinya secara online.

Bersihkan secara rutin layar monitor

Sobat harus punya waktu sedikit untuk membersihkan layar monitor sobat dari debu, cuku lap saja dengan kain halus tapi jangan tekan kuat saat sobat membersihkannya agar tidak merusak LCD laptop sobat.

Simpan laptop di dalam softcase/hardcase

Setelah sobat menggunakan laptop jangan biarkan begitu saja, sebaiknya langsung sobat masukkan pada softcase/hardcase/tas laptop agar menghindari dari benturan yang kuat.

 

Hindarkan dari benturan

Agar Lcd laptop sobat tetap sehat jangan sampai laptop sobat terkena benturan, karena saya mengalami hal serupa setelah saya hidupkan dibagian sudut kanan lacar LCD laptop saya nampak muncul bercak hitam, di situ kadang saya merasa sedih:v

baca juga cara internet gratis tanpa kuota

mungkin hanya sekian tips dari saya jika bermanfaat silahkan share artikel ini dan jangan lupa comment.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Cara menghilangkan bercak hitam pada LCD laptop"

  1. nice info, sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  2. Mantap nih saya jadi bisa antisipasi ke Laptop saya. Makasih kak

    ReplyDelete
  3. Wah, sangat bagus, terima kasih atas infonya :)

    ReplyDelete
  4. bercak hitamnya gak mau hilang gan, ada solusi lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengalaman saya sih, saya biarin tuh bercaknya entar hilang sendiri, tapi kadang kadang muncul dan kadang juga hilang

      Delete
  5. Akan diterapkan min, thanks tipsnya

    ReplyDelete
  6. Ya memang jadi jengkel sih jika monitor kotor dengan noda hitam bagusnya pakai anti gores kaya hp ya

    ReplyDelete
  7. nice share semoga bermanfaat, btw bermanfaat sih ini bagi ane wkwkwk

    ReplyDelete
  8. Wah ngebantu banget nih gan kebetulan laptop ane suka ada bercak hitam, makasih infonya gan

    ReplyDelete